Kenangan Begitu


Pernahkah ada satu hal yang terjadi di waktu yang lalu namun sulit untuk dihapus dari ingatan?

Sesuatu yang begitu membekas karena faktor "begitu" yang melekat. Ini seperti hal-hal yang begitu menyedihkan, begitu menyenangkan, begitu mengecewakan, begitu mendamaikan, begitu sederhana, begitu rumit, serta aneka ragam begitu lainnya. "Begitu" yang dipahat dengan tulus oleh hati dan pikiran tak peduli apakah begitu negatif atau positif hal tersebut. Satu hal yang begitu sulit hilang begitu saja seperti jejeran piramida raksasa di pinggiran sungai Nil.


Ada satu "begitu" yang melekati dasar benakku. Satu frame kejadian yang warnanya masih begitu tajam dan jelas. Warna-warna yang kontras: merah, putih, oranye. Kepolosan dan udara yang terselubung warna merah yang pekat. Ingin mengubahnya namun aku tak bisa memutuskan apa yang sudah tersimpul.

Jika tidak bisa terhapus, bagaimana cara menghadapi hal yang begitu jelas terekam. Dan bukan hal yang baik untuk terus menyelami waktu yang telah lewat. Arusnya mengalir maju ke arah depan. Melawan arus seringnya merupakan kesia-sianan. Maka seharusnya tidak ada pengandaian di sini. Yang seharusnya ada adalah penerimaan dan ketegaran.

Comments

Popular posts from this blog

Memento

Ruminating

Golden Moon